Hai para pecinta sepeda... Kali ini KS2 akan memberikan Tips baru nie, jangan di lewatkan yah.
Tipsnya adalah Merawat Sepeda Dengan Baik.
Langsung aja ya...

Merawat sepeda
 merupakan aktifitas wajib setelah sepeda digunakan, terlebih bila usai melintasi jalan becek, hujan, lumpur ataupun berdebu. Merawat sepeda ini merupakan kewajiban agar sepeda menjadi awet dan siap untuk digunakan kembali di lain waktu.
Anda tidak perlu menjadi teknisi handal untuk bisa melakukan perawatan rutin, tak perlu juga membeli peralatan mekanik khusus. Anda hanya perlu memiliki kemauan untuk meluangkan waktu merawat sepeda. Jika anda sudah memiliki kemauan dan waktu, berikut ini langkah-langkah yang direkomendasikan Polygon Bicycle School.
  • Lepas berbagai aksesories elektrik, speedometer, lampu, tas sadel dan sejenisnya. Cuci bersih sepeda dengan menggunakan air bertekanan sedang. Jangan pernah mencuci sepeda sekotor apapun dengan air bertekanan tinggi (steam). Air bertekanan tinggi akan menembus masuk ke komponen yang seharusnya terlindungi dari air. Pakailah sabun atau shampoo pencuci mobil atau motor. Gunakan sikat lantai untuk merontokkan dan membersihkan ban luar dari lumpur kering dan kotoran lain. Ingat sikat yang terlalu kaku bisa melukai permukaan ban dan meninggalkan bekas parut. Pergunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan yang sulit dijangkau. Seperti tube seputar front derailleur, bagian dalam cassete dan lainnya. Bersihkan cassete dan rantai dengan kuas sambil disemprot air.
  • Segera keringkan frame sepeda dengan kain khusus penyerap air. Coba miringkan sepeda ke kiri dan kanan untuk membuang air yang terperangkap masuk ke bagian frame. Frame sepeda yang baik selalu menyediakan lubang buangan air di beberapa bagian frame untuk memudahkan air mengalir keluar.
  • Langkah selanjutnya, bersihkan rantai dengan degreaser secara hati-hati agar tak mengenai frehub cassete, rear derailleur, frame dan bottom bracket. Tunggu sampai rantai kering dan bersih. Setelah itu lumasi dengan lubricant khusus rantai. Berikan lubricant di daerah derailleur depan dan belakang. Cobalah mainkan shifter dan pastikan keduanya berjalan dengan sempurna. Terkadang anda harus melakukan fine tuning setelah sepeda di mainkan di medan berat.
  • Sembari menunggu rantai kering, berikan zat pelapis frame yang mampu melindungi frame dari benturan kecil seperti kerikil.
  • Lakukan pengechekan beberapa bagian komponen dengan alat /kunci yang sesuai. Hampir semua sepeda sekarang menggunakan allen key. Cek stem, headset, handlebars, rear derailleur, front derailleur, dan semua bagian mekanis. Pastikan semuanya telah terpasang dengan kencang dan sempurna.


Category: | 1 Comment

1 comments to “Tips Merawat Sepeda”

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan ingin seperti saya.. Perkenalkan nama saya abdul rochman junaidy umur 38 tahun Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal yaitu uang gaib karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 785 juta saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya. Secara tidak sengajah sewaktu saya buka-buka internet saya menemukan salah satu situs abah duihantoro saya baca semua isi situs beliau akhirnya saya tertarik untuk meminta bantuan kepada abah duihantoro. Awalnya sih memang saya ragu dan tidak percaya tapi selama beberapa hari saya berpikir, akhirnya saya memberanikan diri menghubungi abah duihantoro di nomer 085298463149 singkat cerita alhamdulillah beliau sanggup membantu saya melalui pesugihan uang gaib sebesar 2 milyard dan pada saat itulah saya sangat pusing memikirkan bagaimana cara saya berusaha agar bisa memenuhi persyaratan yg abah sampaikan sedangkan saya tidak punya uang sama sekali. Akhirnya saya keliling mencari pinjaman alhamdulillah ada salah satu teman saya yg mau meminjamkan uangnya akhirnya saya bisa memenuhi
    syarat yg abah duihantoro sampaikan.. singkat cerita selama 3 hari saya sudah memenuhi syaratnya saya dapat telpon dari abah untuk cek saldo rekening saya,, saya hampir pingsan melihat saldo rekening saya sebesar 2M 150 ribu rupiah. Singkat cerita bagi saudara(i) dimanapun anda berada jika anda menemukan pesan saya ini dan anda sudah berhasil mohon untuk di sebarkan agar saudara(i) kita yg diluar sana yg sedang dalam himpitan hutang atau ekonomi semua bisa bebas.. Jika saudara(i) ingin seperti saya silahkan konsultasi atau hubungi abah duihantoro di 085298463149 / whatsapp +6285298463149 sosok beliau sagat baik dan peramah dan sagat antusias membantu orang susah. Demi allah demi tuhan inilah kisah nyata saya abdul rochman junaidy semoga dengan adanya pesan singkat ini bisa bermanfaat sekian dan terima kasih...